Blog Counter

Kamis, 19 Desember 2013

THE HOBBIT : THE DESOLATION OF SMAUG (2013) REVIEW

         The Hobbit: The Desolation of Smaug (2013) Poster
Bilbo Baggins : What have we done ?
Sutradara       : Peter Jackson
Distributor     : Warner Bros
Budget           : $200.000.000
Durasi           : 161 menit
Pemain         : Martin Freeman , Ian McKellen , Richard Armitage , Benedict Cumberbatch , Orlando                         Bloom , Evangeline Lily , Luke Evans , Lee Pace ,etc.

Tidak ada yang membantah bahwa trilogi Lord Of The Ring besutan Peter Jackson merupakan salah satu trilogi terbaik sepanjang masa. Setelah melewati satu  dekade lebih, Peter Jackson memutuskan untuk membuat trilogi The Hobbit  yang merupakan prekuel dari  LOTR. Bedanya , The Hobbit tidaklah seperti LOTR yang terbagi atas 3 buku , akan tetapi hanya satu buku sekitar 300 halaman . Efeknya adalah seperti pada The Hobbit : Unexpected Journey (2012) yang terasa bertele-tele dalam penyampaian ceritanya .Di penghujung tahun ini , sekuel dari The Hobbit 1 akhirnya diluncurkan , akan tetapi , mampukah Peter Jackson menebus kekurangan-kekurangan di Unexpected Journey ?




The Hobbit : The Desolation of Smaug melanjutkan petualangan dari Bilbo Baggins(Martin Freeman) , Gandalf (Ian McKellen) dan ketiga belas kurcaci yang dipimpin oleh Thorin Oakenshield (Richard Armitage)  dalam misi merebut tanah kelahiran mereka , Erebor dari sang naga Smaug (Benedict Cumberbatch) . Setelah berhasil melewati Misty Mountain , kini mereka harus memasuki daerah Hutan Mirkwood yang penuh dengan laba-laba raksasa . Akan tetapi Gandalf mempunyai misi lain yang tidak kalah berbahayanya, menyelidiki kekuatan jahat yang sedang berkembang di Dol Guldur sekaligus menyelidiki siapa dalang dibalik semua itu ,membuatnya harus berpisah dari kelompok tersebut.Tanpa kehadiran anggota terkuat mereka, membuat para dwarves tersebut ditangkap oleh elf yang dipimpin oleh Tranduil (Lee Pace ) dan anaknya yang bernama Legolas (Orlando Bloom) serta kepala pasukan Tauriel (Evangeline Lily).Setelah berhasil lolos dari mereka ,dengan bantuan seorang penduduk Laketown yang bernama Bard (Luke Evans) , mereka akhirnya bisa melanjutkan perjalanan ke Erebor.

Setelah menyaksikan film ini , bisa dibilang Peter Jackson berhasil menebus kekurangan-kekurangan di The Hobbit 1 , caranya adalah dengan mempercepat pace dan kompleksitas cerita , menambah action sequence keren hingga beberapa kali lipat (dengan adanya Legolas dan Tauriel )  serta memunculkan konflik yang semakin mempertegas bahwa ini adalah prekuel dari LOTR , tentu saja dengan visual effect memukau yang  (sepertinya) memperluas scope dari middle earth  .Dari jajaran cast , Martin Freeman selaku pemeran utama menampilkan transformasi yang sempurna dari seorang Hobbit penakut menjadi seorang petualang yang cerdas dan berani , Richard Armitage juga berhasil menghidupkan karakter seorang pemimpin dwarves yang tegas , egois dan menyebalkan ,and Ian Mckellen? He's already become a Gandalf for five times ,dan seluruh cast-cast lainnya juga menampilkan peran yang sesuai dengan cerita.

Akan tetapi , kredit khusus pantas disematkan kepada Benedict Cumberbatch , walaupun hanya dengan motion capture  , dia berhasil memberikan sebuah karakteristik pada Smaug , membuatnya menjadi sesosok naga yang licik sekaligus mengerikan (much more like Gollum).Kesimpulannya ,The Hobbit : Desolation of Smaug menurut saya adalah salah satu film petualangan fantasi terbaik selama beberapa tahun terakhir meskipun belum bisa menandingi keepikan dari LOTR So, just enjoy the journey and welcome back to middle earth!!!

Rating : @ @ @ @ @

Written by : Boby Hartanto

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar