Blog Counter

Sabtu, 12 Oktober 2013

GRAVITY (2013) REVIEW

Gravity (2013) Poster
Sutradara          : Alfonso Cuaron 
Distributor         : Warner Bros
Budget              : $100.000.000
Durasi               : 90 menit
Pemain             : Sandra Bullock , George Clooney , Ed Harris , etc


Masih ingatkah dulu pada saat kelas TK maupun SD guru kita menanyakan : "Apa cita-cita kalian ?" , dan banyak diantara  kita yang serentak menjawab "Astronaut" . Ya , pada saat kita kecil , itulah cita-cita terkeren / terhebat yang pernah kita bayangkan , dan selamat juga kepada diantara anda2 yang saat ini telah mencapai cita-cita tersebut (-_-)....Nah , bagi anda yang belum mencapainya , di tahun 2013 ini Alfonso Cuaron menghadirkan sebuah film tentang survival in space , yang membuktikan bahwa menjadi astronaut tidak selamanya menyenangkan , kadang kala bahkan bisa berubah menjadi sebuah pengalaman yang menakutkan sekaligus mengancan jiwa.
Jalan cerita film ini sebenarnya sangat sederhana , menceritakan tentang Dr.Ryan Stone (Sandra Bullock) , seorang insinyur medis pada misi luar angkasa pertamanya  dan seorang astronaut veteran bernama Matt Kowalski (George Clooney) dalam penerbangan luar angkasa terakhir sebelum pensiun. Misi yang seharusnya berjalan mulus ini tiba-tiba menjadi mimpi buruk akibat sebuah bencana tak terduga , kini dengan oksigen yang tinggal sedikit dan komunikasi yang terputus dari HQ di bumi , mereka harus menyelamatkan diri mereka sebelum semuanya terlambat.
 
Salah satu contoh film yang bagus adalah film yang mampu menarik penontonnya masuk ke dalam dunia film tersebut , ikut merasakan apa yang dirasakan oleh para pemain film dan tentu saja hal tersebut bisa didapat dari cara penyutradaraan yang baik ,kemampuan akting para aktor/aktris , sinematografi , VFX , music score dll. Kabar baiknya adalah film ini mempunyai semua hal tersebut sehingga membuat para penonton mendapatkan sebuah cinematic experience yang sangat luar biasa apalagi bagi yang menonton film ini dengan format 3D terlepas dari jalan cerita yang begitu sederhana. Tapi ,Gravity tidak hanya bercerita tentang usaha menyelamatkan diri dari luar angkasa , film ini juga menunjukkan bahwa untuk berhasil dalam segala hal , diperlukan  usaha yang keras serta pengorbanan.
Dari jajaran cast , bisa dibilang ini adalah salah satu performance terbaik Sandra Bullock dan George Clooney , dimana Bullock berhasil "menjadi" seorang insinyur medis yang masih awam mengenai space-mission , sedangkan George Clooney tetap menampilkan karakter khasnya yang tenang dalam menghadapi masalah sambil diselingi komedi-komedi lucu .Jadi , tidak berlebihan jika para kritikus film menobatkan film ini sebagai salah satu film terbaik 2013.
Note : Sangat disarankan untuk menonton film ini di bioskop (kecuali anda punya home theater)
           untuk mendapatkan cinematic experience yang luar biasa di film ini.
Rating : @@@@@

Written by : Boby Hartanto

1 komentar:

  1. incredibly beautiful,
    I held my breath and couldnt blink through most of the movie
    pokoknya ini film terbaik taun ini so far...

    btw, nice review...

    BalasHapus