Blog Counter

Sabtu, 24 Agustus 2013

ELYSIUM (2013) REVIEW

Sutradara               : Neil Blomkamp
Distributor              : TriStar Picture
Budget                    : $115.000.000
Durasi                    : 109 menit
Pemain                  : Matt Damon , Jodie Foster , Sharlto Copley , Alice Braga , William Fincter,etc 

Sampai artikel ini saya tulis , saya belum pernah (atau lebih tepatnya tidak mempunyai kesempatan) menonton District 9 yang katanya one of the best sci-fi itu. Jadi , saya tidak akan membandingkannya dengan film itu.

Pada tahun 2154 AD , bumi sudah tidak bisa ditinggali akibat polusi serta penduduk yang sudah melebihi batasnya. Sebagai akibatnya , maka para orang kaya yang dulunya tinggal di bumi pindah ke sebuah space station yang bernama Elysium . Film  kemudian berpusat pada seorang pria bernama Max (Matt Damon) yang sejak kecil bercita-cita untuk pergi ke Elysium dengan sahabat masa kecilnya yang bernama Frey (Alice Braga).


Semuanya kemudian berubah ketika Max terekspos radiasi mematikan di pabrik tempat kerjanya. Dengan sisa hidup yang hanya selama 5 hari , Max bertekad untuk pergi ke Elysium supaya bisa disembuhan oleh alat yang bernama med-pod , akan tetapi , itu bukan perkara mudah sebab Elysium dikuasai oleh Secretary Delacourt (Jodie Foster) dan seorang agen kejam bernama Kruger (Sharlto Copley).
Bisa dibilang film ini adalah film sci-fi terbaik bila dibandingkan dengan Oblivion maupun After Earth. Bagi para penonton yang mengharapkan sebuah sajian penuh aksi dan ledakan yang keren seperti halnya film blockbuster , maka dapat dipastikan akan puas  dengan adegan-adegan dalam film ini. Dengan budget sebesar $115.00.000 , set film ini sangat fantastis, penggambaran tempat kumuh di bumi , setting futuristik di Elysium , kapal terbang dan senjata2 canggih. Di sisi cerita , Neil Blomkamp juga tidak lupa menyelipkan masalah perbedaan kelas sosial dimana yang kaya selalu berkuasa di atas yang miskin (this is reality).
Dari jajaran cast , yang benar-benar tampil menguasai film menurut saya hanyalah Matt Damon , sementara karakter yang diperankan Jodie Foster , Alice Braga dan William Fincter hanya tampil sebagai tempelan belaka , hal yang menurut saya adalah salah satu kekurangan film ini , except for Sharlto Copley. Karakter psikopat Kruger yang diperankannya tersebut mampu membuat orang bergidik ngeri hanya dengan melihatnya , membuatnya lebih tangguh dari karakter Matt Damon. Overall , jika dilihat dari sisi teknis dan storyline nya , bisa dibilang ini adalah one of the best original sci-fi from 2013.

Rating : @@@ 1/2

Written by : Boby Hartanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar